Review Google Pixel 7: Pengalaman Menggunakan Smartphone dari Google

Sebagai pengguna setia Android, saya selalu penasaran dengan seri terbaru Google Pixel. Sudah banyak sekali video yang ditonton mengenai produk Google Pixel 7. Nah, beberapa bulan lalu alhamdulillah saya berkesempatan untuk mencoba Google Pixel 7 dengan harga miring. Meskipun produk ini sudah keluar di tahun 2022 dan sempat menyabet gelar Most Valuable Phone dari MKBHD seorang reviewer gadget ternama, apakah masih layak untuk membelinya? Dan sekarang saya ingin berbagi pengalamannya dengan kalian.


Review Google Pixel 7: Pengalaman Menggunakan Smartphone dari Google


Desain dan Layar


Pertama kali melihat desain Pixel 7, saya tertarik dengan desain kamera belakangnya. Desain yang dibawa dari Pixel 6 sebelumnya, masih terlihat sangat menarik. Jauh berbeda dengan desain kamera dari produk smartphone lainnya.


Bodinya terbuat dari aluminium yang terasa kokoh dan lebih berat dari smartphone yang saya gunakan sebelumnya, yaitu OnePlus 6. Meskipun desain Pixel 7 kali ini terlihat lebih kotak, saya justru menyukai desainnya ketimbang Pixel 8 yang sudah berbentuk oval.


Dan layarnya itu loh. Saya masih tidak menyangka, setelah menggunakan smartphone sebelumnya selama 6 tahun, ternyata kemampuan smartphone yang memiliki refresh rate tinggi tuh sangat enak dipandang. Lebih smooth, dan warna yang dihasilkan di layar pun juga terlihat lebih natural dibandingkan dengan smartphone saya yang lama.


Kamera


Salah satu daya tarik utama Pixel 7 adalah kameranya. Jika sebelumnya saya hanya bisa mendengarkan review orang mengenai betapa bagusnya gambar yang dihasilkan oleh kamera dari Google Pixel 7, sekarang saya bisa merasakan bahwa kameranya memang bagus sekali. Warnanya natural, tidak over-saturated seperti smartphone lain. Tidak hanya ketika foto di siang hari, hasil foto di malam harinya pun terlihat jernih dan detail. Mungkin juga karena prosesing kameranya yang bagus ya. Tidak heran jika banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi Google kamera di smartphone nya.


Tapi perlu dicatat, bahwa kamera yang digunakan Pixel 7 tidak seperti smartphone lain. Jika kamera ultra wide di smartphone lain biasa menggunakan 0.5 tetapi di Pixel 7 hanya 0.7. Begitu pun dengan kamera depannya.


Sebenarnya, sebelum saya meminang Pixel 7, saya sempat berfikiran untuk meminang smartphone lain. Xiamoi 13t ataupun Iqoo 12. Tapi, karena produk tersebut sangat jomplang sekali antara kamera depan dan belakangnya, dan kebetulan bertemu penjual yang mematok harga miring Pixel 7, maka berakhir lah saya meminang smartphone ini.


Review Google Pixel 7: Pengalaman Menggunakan Smartphone dari Google

Review Google Pixel 7: Pengalaman Menggunakan Smartphone dari Google

Review Google Pixel 7: Pengalaman Menggunakan Smartphone dari Google



Performa


Pixel 7 ditenagai oleh chipset Google Tensor 2, yang memberikan performa yang sangat kencang. Ini jika saya membandingkan dengan smartphone saya yang sebelumnya ya. Memang tidak apple to apple sih. Meskipun banyak sekali orang yang mengatakan bahwa chipset yang digunakan oleh Google Pixel kalah jauh jika dibandingkan pesaingnya, sejauh pemakaian saya sih aman aja. Masih lancar dan tidak patah-patah.


Baterai

 

Baterai Pixel 7 juga cukup untuk pemakaian seharian. Dengan catatan saya tidak menggunakan smartphone ini untuk bermain game ya. Tapi jika digunakan untuk bermain game, mungkin akan butuh di charge lagi. Apalagi ada game HOK ini yang hanya baru tersedia di Android, sehingga ya jadi ketagihan main.


Dan alasan ini juga yang membuat saya memutuskan untuk membeli smartphone baru, karena di Oneplus 6 yang sebelumnya, cepat sekali habis baterainya.


Sering kali, ketika saya pergi ke gym baterai Oneplus 6 dalam kondisi 100%. Tapi tidak sampai dua jam, baterainya langsung berada di kisaran 20%. Padahal hanya digunakan untuk mencatat angkata beban, bluetooth dalam kondisi tersambung dengan Headset, dan sesekali buka sosmed. Makanya, ketika beralih menggunakan Pixel 7, kek takjub sendiri.


Ini agak norak sih, tapi kebahagian saya adalah ketika di perjalanan pulang masih bisa mendengarkan lagu favorit tuh uh. Mantap banget anjay.


Berlebihan sat!


Review Google Pixel 7: Pengalaman Menggunakan Smartphone dari Google



Fitur Lainnya


Pixel 7 dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya, seperti Google Assistant yang selalu siap membantu, Call Screen yang bisa menyaring panggilan spam, dan Live Translate yang bisa menerjemahkan teks atau percakapan secara real-time.


Dan dari hal yang telah saya sebutkan, fitur Live Translate yang bisa menerjemahkan teks secara live time sangat berguna. Meskipun memang, belum selancar seperti subtitle yang ada di video Youtube.


Setelah selesai membahas bagian yang saya suka, tidak lengkap jika saya tidak membahas hal yang kurang suka dari Pixel 7.


Yang tidak disuka


Jika banyak orang yang mengeluh dengan panasnya Tensor 2 yang ada di dalam Pixel 7, menurut saya hal ini merupakan sebuah hal minor. Karena ya permasalahan tersebut akan terselesaikan dengan menggunakan casing.


Nah, bagian ini saya kurang suka. Dengan sedikitnya casing yang bagus sehingga saya kesulitan untuk membeli yang cocok. Pun kalau ada, harganya yang muahal bangeti. Harganya bisa sampai 500rb ke atas.


Selanjutnya adalah ternyata fitur unlimited photos tidak saya dapatkan dengan membeli Google Pixel 7. Fitur tersebut hanya didapatkan oleh orang yang memiliki device Pixel 1-5. Pas pertama kali tau akan hal ini, saya lumayan kesal. Terlebih lagi fitur Google One yang harganya tidak bisa dikatakan murah. Belum lagi layanan Youtube Premium. Masih bingung, kenapa Google tidak menggabungkan dua hal ini menjadi satu. Kapitalis ngehe!


Kemudian dari fitur chargingnya yang tidak secepat smartphone China. Tapi, selama smartphone ini bisa saya gunakan selama seharian penuh sih, aman aja.


Dan yang terakhir, jika dibandingkan smartphone sebelumnya, saya rindu dengan fitur slide di OnePlus 6. Mirip seperti iPhone, fungsi slide tersebut bisa membuat smartphone dalam kondisi menyala, getar, serta senyap.


Kesimpulan


Saya puas dengan menggunakan Google Pixel 7 sebagai daily driver. Mulai dari performa, desain, dan tentu saja kameranya. Memang tulisan ini akan terlihat sangat personal sekali, karena saya pun baru mengganti smartphone setelah 6 tahun lamanya. Dan masih merasa takjub akan fitur-fitur yang terdapat di smartphone keluaran sekarang ini.


Tapi dengan pengalaman saya menggunakan smartphone baru yang bahkan sudah keluar di tahun 2022, saya merasa bahwa smartphone di harga mid-range sudah cukup untuk digunakan. Yah, meskipun nantinya akan kembali ke setiap individu sih ya. Mau beli smartphone yang seperti apa.


Untuk sekarang, saya masih rela mengeluarkan uang maksimal 7 juta rupiah, meskipun Pixel 7 saya beli di harga 5 juta kecil. Tapi tidak tahu apakah hal ini masih berlaku di tahun-tahun berikutnya. Kalau kamu sendiri, berapa budget maksimal yang kamu keluarin untuk membeli smartphone baru?

Post a Comment

Biar gue bisa baca blog kalian juga, tolong tinggalkan jejak ya!

Previous Post Next Post

Ads

Ads