Cara mengatasai "Couldn't complete purchase Play Store Country" sampai berhasil melakukan pembayaran

Entah apa yang terjadi dengan Google. Beberapa hari lalu, gue kesulitan dalam menggunakan Google Store. Tepatnya selalu muncul notifikasi bahwa pembayaran yang akan gue lakukan di dalam Google selalu menunjukan kalimat berupa, “Couldn’t complete purchase Play Store country”.


Jadi begini ceritanya,


Ketika gue ingin membeli sebuah buku puisi di Google Play Book, gue dihadapi dengan notifikasi seperti yang gue tulis sebelumnya. Ketika itu gue membeli buku puisi karena ingin menghadiahkan suatu barang ke gebetan serta ingin menambahkan sebuah surat berisikan puisi yang terinspirasi dari buku puisi yang ingin gue beli. Tapi kenyataannya? Gagal. Ya bersyukur juga sih, ternyata gebetan yang gue taksir lama ini ternyata malah balikkan sama mantannya. Bajingan.


Di saat itu gue tidak terlalu memusingkan diri gue yang tidak bisa membeli buku dari Google Play Book. Karena gue rasa hal tersebut tidak terlalu urgent juga, jadi yaudahlah ya. 


Tapi permasalahan tersebut muncul lagi di waktu penting. Dikarenakan akun Google yang gue miliki sudah memenuhi kapasitas gratis yang disediakan dari Google berupa 15GB penyimpanan gratis, gue harus berlangganan untuk mendapatkan kapasitas yang lebih lega lagi. Nah, di sinilah permasalahannya.


Di saat itu gue sedang menunggu email penting, tapi karena memory yang ada di Google telah habis, gue harus berlangganan. Ketika memilih untuk berlangganan, dan gue memilih cara pembayarannya dengan kartu debit, ternyata tidak bisa. Muncul lah notifikasi “Couldn’t complete purchase Play Store country”. Gue mengerti maksudnya, tapi yang gue lakukan setelahnya adalah dengan memilih pembayaran dengan cara lain. Gue memilih cara pembayaran menggunakan ShopeePay. Hasilnya? Tetap tidak bisa.


Sat!


Bingung karena email penting tidak bisa masuk dan ditambah selalu muncul notifikasi bahwa tidak bisa menyelesaikan pembayaran, ketika itu gue mulai frustasi. Dikit aja sih. Kenapa hanya frustasi sedikit? KARENA GUE PUNYA ALLAH SWT!!


Kaga jelas, jingan


Gue mulai menyelam di Youtube untuk mencari tutorial, tapi tetap tidak bisa. Baca kolom komentarnya, banyak yang mengatakan mereka tetap tidak bisa melakukan pembayaran di Google Store.


Setelahnya gue berinisitif sendiri dengan melakukan apa yang ada di video dan menambahkan sedikit pengaturan. Mari kita mulai tahap-tahapnya.


1. Masuk ke Google play store





2. Ketuk profile di pojok kanan atas, kemudian pilih Payment & Subscription





3. Pilih Peyment methods, setelahnya pilih More payment settings yang berada paling bawah




4. Setelahnya akan dibawa ke halaman browser, dan klik pojok kiri yang bergambar garis tiga




5. Setelahnya klik Negara/Wilayah dan buat profil baru



6. Isi profil baru tersebut


Dikarenakan gue sedang berada di negara orang, gue menuliskan negara yang gue tempati saat ini. Tapi, karena ini tidak detail, rasanya kalian bisa menuliskan alamat negara lain dengan asal aja deh. Oke, jangan ngamuk dulu ya.


Perhatikan step penting ini. Setelah mengisi profil baru dan mendaftarkan kartu atm yang kamu punya, sekarang dihapus negara awal. Bukan profil baru, melainkan yang sudah ada sebelum profil baru yang kamu buat.


Dan, voila. Pembayarannya berhasil deh.


Seperti inilah proses yang gue lakukan sampai berhasil untuk berlanggan Google One. Menurut hipotesa sotoy gue, jika sudah bisa melakukan hal ini. Kamu bisa mengulangi step yang telah gue jabarkan sebelumnya. Jadi, setelah asal membuat bio dengan menuliskan negara lain, lo buat bio baru lagi dengan negara Indonesia. Kemudian, bio dengan negara lainnya dihapus.


Coba tulis di kolom komentar jika berhasil yaa!!


Semoga tulisan ini membantu!

Post a Comment

Biar gue bisa baca blog kalian juga, tolong tinggalkan jejak ya!

Previous Post Next Post

Ads

Ads